Jalur Sepeda di Kota Ciamis

Jalur Sepeda di Kota Ciamis

Kabupaten Ciamis sejak tahun 2015 kemarin memfokuskan diri pada pembangunan tata ruang dan lingkungan. Setelah sebelumnya merenovasi empat taman yakni Alun-alun Ciamis, Taman Surawisesa Kawali, Taman ‘Anggur’, dan Taman Banjarsari. Tahun ini Pemda Ciamis membuat jalur khusus sepeda.

Jalur Sepeda di Kota Ciamis

Jalur sepanjang kurang lebih 4km ini dimulai dari pertigaan Tugu Adipura (Jl. Jend. Sudirman), kemudian masuk ke depan Billboard Alun-alun Ciamis, lantas memasuki Jl. Ir. H. Juanda hingga kembali lagi ke pertigaan tugu Adipura.

Jalur khusus sepeda ini ditujukan untuk menciptakan budaya bersepeda di tengah-tengah masyarakat Ciamis.

Sumber: Kang Shena Agustian‎/TATAR GALUH CIAMIS

Taman Surawisesa Kawali

Taman Surawisesa Kawali

Taman Surawisesa Kawali

Nama Surawisesa erat kaitannya dengan sejarah situs Astana Gede Kawali yang menjadi kebanggaan masyarakat Kecamatan Kawali. Jadi, nama Surawisesa mengambil dari sejarah Astana Gede yang menjadi icon daerah Kawali.

Pada catatan sejarah Astana Gede Kawali, diketahui bahwa Surawisesa merupakan nama istana Kerajaan Sunda pada masa pemerintahan Rahyang Niskala Wastu Kancana yang berpusat di Astana Gede Kawali.

Sumber: Kang Shena Agustian‎/TATAR GALUH CIAMIS

Alun-alun Ciamis

Alun-alun Ciamis

“Taman Raflesia” resmi tidak lagi digunakan sebagai nama Ruang Terbuka Hijau (RTH) di pusat kota Ciamis ini.

Alun-alun Ciamis

Alun-alun Ciamis 2

Alun-alun Ciamis 3

Nama yang kini digunakan adalah “Alun-alun Ciamis”. Meski demikian ikon bunga Raflesia Arnoldi masih digunakan.

Nama “Taman Raflesia” pun tidak lagi dipasang pada gerbang-gerbang masuk di tiap sisi menuju taman. Kini yang dipasang hanya promosi produk rokok.

Sumber : Kang Shena Agustian‎/TATAR GALUH CIAMIS

Taman Graha Perjuangan

Taman Graha Perjuangan

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Graha Perjuangan merupakan hasil alih fungsi lahan yang semula berupa Gedung Olah Raga (GOR) Graha Perjuangan kini disulap menjadi RTH mini di sudut kota Ciamis.

Taman Graha Perjuangan

Taman Graha Perjuangan berada di dekat lampu merah perempatan Graha, yaitu perempatan yang mempertemukan Jl. Yos Sudarso, Jl. Jend. A. Yani, dan Jl. Rumah Sakit. Tidak sulit menemukan RTH ini, cukup menyusuri Jl. Yos Sudarso nantinya Anda akan menemukan lampu merah dengan RTH di sampingnya.

Taman Graha Perjuangan ini memiliki fasilitas olah raga bola basket dengan satu ring, beberapa tempat duduk dengan dilengkapi penerangan (lampu) dan pohon di beberapa sudut taman.

Ingin nongkrong yang bebas parkir? Silakan ke Taman Graha Perjuangan.

Sumber : Kang Shena Agustian‎/TATAR GALUH CIAMIS

Taman Lokasana Ciamis

Taman Lokasana Ciamis

Mengapa Lokasana?

Siapa yang tidak mengenal Taman Lokasana? Seluruh masyarakat pasti tahu Taman Lokasana. Namun mengapa dinamai Lokasana?

Taman-Lokasana

 

Lokasana merupakan nama seorang penguasa di Kabupaten Galuh dahulu yaitu Dalem Lokasana (generasi keempat dari Prabu Haur Kuning). Dalem Lokasana merupakan anak dari Sang Adipati Panaekan, Bupati Gara Tengah 1636-1642). Dalem Lokasana berjasa menumbuh kembangkan olahraga kepada menak dan somahan, maka ketika R Gahara Wijaya Surya, bupati Ciamis ke 11 (1958-1960) ketika membangun lapang sepakbola di Jalan KH Dahlan diberi nama Lokasana.

Taman yang terletak di Jl. K.H. Ahmad Dahlan ini sempat terbengkalai beberapa tahun, namun kini telah direnovasi dan dialih fungsikan menjadi tempat olah raga terbuka (outdoor) yaitu atletik, bola basket, voli, dan panjat tebing.

sumber: Kang Shena Agustian‎/TATAR GALUH CIAMIS

Page 1 of 1112345...10...Last »