Curug Tujuh Panjalu

Curug Tujuh Panjalu

Curug Tujuh adalah sebuah tempat pariwisata didaerah Panjalu. Dimana Panjalu ini juga terkenal dengan Situ Panjalu-nya (Situ=Danau).

Dinamai Curug Tujuh, karena terdapat tujuh buah Air Terjun yang tidak begitu berjauhan letaknya, dapat dicapai semuanya dengan waktu sekitar 2-3 jam saja.

Jarak dari Tasikmalaya – Curug 7 adalah sekitar 35km, 30 km pertama jalan aspal antar kota yg cukup lebar, 5 km terakhir jalan aspal yg cukup utk 2 mobil, terdapat tanjakan yg lumayan. Di gerbang masuk terdapat cukup tempat parkir untuk 20 mobil.

Curug 1

Curug 1 jaraknya dari gerbang hanya sekitar 50 m. Disinilah pengunjung terbanyak berada, karena dekat dan paling besar.

Curug 2

Tidak bisa dituruni, kita hanya berjalan diatas air terjunnya, lagipula curug ini tidak begitu besar. Curug ini cukup jauh dari curug 1, sekitar 1km ambil jalan kekiri curug 1. Saya heran, kenapa penomoran curug ini tidak sesuai dengan jalur jalan, dikiri ada 4 curug nomor 2,5,6,7 dikanan 2 curug nomor 3,4 ditengah curug nomor 1.

Curug 3

Indah dan bisa dipakai main air. Curug ini tidak begitu jauh dari curug nomor 1. Dari curug nomor 1 ambil jalan ke kanan, sekitar 50 meter.

Curug 4

Curug ini cukup sulit ditempuh, berada diatas curug nomor 3. Medannya menanjak. Bisa untuk main air, meski banyak batu2.

Curug 5

Curug ini juga tidak bisa dipakai mandi. hampir sama dengan curug 3

Curug 6

Curug ini juga tidak bisa dipakai mandi. hampir sama dengan curug 3

Curug 7

Curug ini juga tidak bisa dipakai mandi. hampir sama dengan curug 3

[alert style=”white”]referensi: kaskus, candra-d [/alert]

Kisah Asal Muasal Curug Tujuh Cibolang Ciamis

Kisah Asal Muasal Curug Tujuh Cibolang Ciamis

Kecintaan seorang pemimpin pada rakyatnya, dan kesedihan yang timbul melihat penderitaan mereka, dapat membawa jawaban dan kebahagiaan pada akhirnya. Itulah mungkin pesan moral dari kisah sasakala Curug Tujuh Cibolang Ciamis. Konon terbentuknya curug tujuh menurut keterangan berasal dari kisah jaman dahulu kala, manakala terdapat seorang penguasa atau raja di wilayah tersebut, yang pada suatu waktu merasa sangat prihatin melihat keadaan di wilayahnya yang sangat menderita akibat kemarau panjang. Air tidak ada dan tanah kering kerontang sehingga rakyatnya dirundung malang berkepanjangan.

Sang raja kemudian bertapa untuk memohon supaya diturunkan hujan agar keadaan negerinya pulih seperti sediakala. Namun usahanya itu tidak mendapatkan jawaban dari penguasa alam. Hal tersebut menyebabkan hatinya sangat sedih dan kesedihannya itu membuatnya menangis. Saat itu keajaiban terjadi, air mata raja perlahan berubah menjadi genangan air jernih dan semakin membesar sehingga membentuk aliran air yang akhirnya terpecah dan jatuh di tujuh buah tebing.

Panorama alam yang indah dan suasana hutan alam menjadi daya tarik wana wisata Curug Tujuh, dimana objek wisata ini berada di kiri kanan bukit gunung Ciparang dan Cibolang yang merupakan bagian dari Gunung Sawal.

Luas Wana Wisata Curug Tujuh 20 Ha terletak di kawasan hutan RPH Panjalu BKPH Ciamis KPH Ciamis yang menurut administrasi pemerintah termasuk Desa Sanding Taman Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Objek wisata ini terletak pada ketinggian sekitar 800-900 di atas permukaan laut dengan konfigurasi lapangan bergunung, suhu udara secara umum sekitar 17-18 derajat Celcius.

Sesuai namanya Curug Tujuh terdiri dari tujuh buah air terjun yang lokasinya berjejer dengan Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh. Konon diantara curug tersebut mengalirkan air yang berkhasiat menyembuhkan penyakit seperti penyakit kulit, encok, rematik dan pegal linu. Dan airnya tidak pernah surut sekalipun musim kemarau, dimana air yang mengalir berasal dari gunung Sawal.

[alert style=”white”]referensi: ciamismanis.com[/alert]