Mega Wisata Icakan Ciamis

Mega Wisata Icakan Ciamis

Berlokasi di Dusun Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Lokasi Icakan mudah dijangkau dan dekat pusat kota Ciamis.

ICAKAN ini terletak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Ciamis. Untuk tiba di gerbang menuju ICAKAN ini jauhnya hanya sekitar 3 km ke arah Cirebon. Hanya memang dari gerbang menuju lokasi dirasa cukup jauh karena suasana desa yang membuat kita betah berlama-lama di jalan, selain juga karena jalan yang agak berliku karena merupakan jalan desa. Akan tetapi, semakin lama semakin menanjak ke arah gunung membuat kita semakin penasaran, seperti apakah gerangan kawasan wisata ini?

Menjelang tikungan terakhir, baru terlihat ICAKAn ini secara keseluruhan karena diselingi lembah yang cukup lebar sehingga jarak dan bidang pandak cukup untuk dapat melihat hampir keseluruhan kawasan.

Begitu memasuki gerbang lokasi, langsung disuguhi pemandangan yang sangat menarik, di kiri ada danau yang cukup besar dengan restauran di tepinya, di kanan adalah area parkir kendaraan, sementara pemandangan lurus adalah pemandangan lepas ke arah lembah di kejauhan, walau sayang sekali sedikit terhalang oleh kehadiran patung gorila di tengah persimpangan. Tata letaknya menurut saya sudah cukup baik dengan membagi kawasan menjadi beberapa bagian dengan fungsi berbeda. Ada area main kuda, area sepeda air (bentuknya memang mirip sepeda, tapi di air), area futsal, area berenang, danau dengan perahu angsanya, area flying fox, area untuk menikmati pemandangan, dan area untuk aktifitas otubond atau petualangan.

[alert style=”white”]foto: megawistaicakan, referensi: dianheri.alami-group.net[/alert]

Daftar Kecamatan di Kabupaten Ciamis

Daftar Kecamatan di Kabupaten Ciamis

Sejak otonomi daerah diberlakukan pada tahun 2001, Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran wilayah menjadi Kabupaten Ciamis dengan 30 kecamatan dan Kota Banjar 4 kecamatan.

Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten Ciamis dan untuk mengurangi rentang kendali pemerintahan pada tahun 2006 di Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran sebanyak 6 kecamatan, sehingga dari 30 kecamatan menjadi 36 kecamatan.

Begitu juga untuk jumlah desa, selama periode 2007 – 2009, jumlah desa bertambah sebanyak 3 desa. Demikian juga untuk periode yang sama jumlah Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) mengalami penambahan sebanyak 27 Rukun Warga (RW) dan 92 Rukun Tetangga (RT).

No Nama Kecamatan
1 Kecamatan Ciamis
2 Kecamatan Cikoneng
3 Kecamatan Cijeungjing
4 Kecamatan Sadananya
5 Kecamatan Cimaragas
6 Kecamatan Panumbangan
7 Kecamatan Cihaurbeuti
8 Kecamatan Panjalu
9 Kecamatan Kawali
10 Kecamatan Cipaku
11 Kecamatan Panawangan
12 Kecamatan Jatinagara
13 Kecamatan Rancah
14 Kecamatan Cisaga
15 Kecamatan Tambaksari
16 Kecamatan Rajadesa
17 Kecamatan Sukadana
18 Kecamatan Banjarsari
19 Kecamatan Lakbok
20 Kecamatan Pamarican
21 Kecamatan Langkaplancar
22 Kecamatan Pangandaran
23 Kecamatan Kalipucang
24 Kecamatan Padaherang
25 Kecamatan Cijulang
26 Kecamatan Parigi
27 Kecamatan Cigugur
28 Kecamatan Cimerak
29 Kecamatan Sidamulih
30 Kecamatan Cidolog
31 Kecamatan Sindangkasih
32 Kecamatan Baregbeg
33 Kecamatan Sukamantri
34 Kecamatan Lumbung
35 Kecamatan Purwadadi
36 Kecamatan Mangunjaya

[alert style=”white”]referensi: ciamiskab[/alert]