Situs Sang Hyang Cipta Permana Prabudigaluh Salawe

Situs Sang Hyang Cipta Permana Prabudigaluh Salawe

Salah satu situs unggulan di Kabupaten Ciamis yaitu situs Sang Hyang Cipta Permana Prabudigaluh Salawe, di Dusun Tinggarahayu, Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis.

Situs Sang Hyang Cipta Permana Prabudigaluh Salawe merupakan tinggalan Situs yang di dalmnya adanya bcb batu entog , batu lambang peribadatan, patilasan Prabu Galuh Salawe, dan sebagainya.

Prabu Salawe sekitar tahun 30 an ternyata telah dikunjungi oleh Bapak Proklamator Presiden pertama RI Ir. Soekarno, beliau berkunjung ke situs Prabu Galuh di Salawe ketika masih menjadi mahasiswa ITB Bandung. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya data-data kliping koran yang masih tersimpan sampai sekarang di Jupel Salawe Abah latif Adiwijaya.

Kemudian pada tahun 2013 setelah melalui seleksi yang ketat dari The soekarno Center yang berpusat di Tampaksiring Bali, Situs Prabu Galuh di Salawe mendapatkan sertifikat The Soekarno Center yang akan diberikan penganugrahan pada tanggal 20 Nopember 2013 di Balai Kota Bandung oleh Ketua The Soekarno Center Ibu Sukmawati Soekarno Puteri.

[alert style=”white”] sumber: Eman Hermansyah Sastrapraja/PANGAUBAN GALUH PAKUAN

Gambar: WARGA mengikuti ritual misalin di situs keramat makam Galuh Salawe di Cimaragas Kabupaten Ciamis, Minggu (15/7). Misalin salah satu ritual yang digelar menjelah Ramadan.**(foto: Pikiran Rakyat)
[/alert]

Daftar Kecamatan di Kabupaten Ciamis

Daftar Kecamatan di Kabupaten Ciamis

Sejak otonomi daerah diberlakukan pada tahun 2001, Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran wilayah menjadi Kabupaten Ciamis dengan 30 kecamatan dan Kota Banjar 4 kecamatan.

Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten Ciamis dan untuk mengurangi rentang kendali pemerintahan pada tahun 2006 di Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran sebanyak 6 kecamatan, sehingga dari 30 kecamatan menjadi 36 kecamatan.

Begitu juga untuk jumlah desa, selama periode 2007 – 2009, jumlah desa bertambah sebanyak 3 desa. Demikian juga untuk periode yang sama jumlah Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) mengalami penambahan sebanyak 27 Rukun Warga (RW) dan 92 Rukun Tetangga (RT).

No Nama Kecamatan
1 Kecamatan Ciamis
2 Kecamatan Cikoneng
3 Kecamatan Cijeungjing
4 Kecamatan Sadananya
5 Kecamatan Cimaragas
6 Kecamatan Panumbangan
7 Kecamatan Cihaurbeuti
8 Kecamatan Panjalu
9 Kecamatan Kawali
10 Kecamatan Cipaku
11 Kecamatan Panawangan
12 Kecamatan Jatinagara
13 Kecamatan Rancah
14 Kecamatan Cisaga
15 Kecamatan Tambaksari
16 Kecamatan Rajadesa
17 Kecamatan Sukadana
18 Kecamatan Banjarsari
19 Kecamatan Lakbok
20 Kecamatan Pamarican
21 Kecamatan Langkaplancar
22 Kecamatan Pangandaran
23 Kecamatan Kalipucang
24 Kecamatan Padaherang
25 Kecamatan Cijulang
26 Kecamatan Parigi
27 Kecamatan Cigugur
28 Kecamatan Cimerak
29 Kecamatan Sidamulih
30 Kecamatan Cidolog
31 Kecamatan Sindangkasih
32 Kecamatan Baregbeg
33 Kecamatan Sukamantri
34 Kecamatan Lumbung
35 Kecamatan Purwadadi
36 Kecamatan Mangunjaya

[alert style=”white”]referensi: ciamiskab[/alert]