Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur

Obyek wisata lainnya di kawasan Ciamis Selatan, Jawa Barat ini masih banyak yang belum diungkap secara lebih jauh, namun sering dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun wisman (wisatawan mancanegara) diantaranya Pantai Indah Keusik Luhur.

Obyek wisata Pantai Indah Keusik Luhur ini letaknya sekitar 15 KM dari obyek wisata Green Canyon (Cukang Taneuh). Sekitar 43 KM dari Pantai Indah Pangandaran. Tepatnya arah selatan dari Green Canyon, perbatasan di selatan antara Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Kalapa Genep. Kelapa Genep adalah daerah dimana di tempat perkebunan Kelapa Hybrida tersebut ada sebuah pohon kelapa dengan cabang 6 pucuk. Sehingga terkenal dengan daerah Kalapa Genep.

Dilokasi wisata ini menyajikan indahnya panorama alam pegunungan yang begitu eksotik dan nan hijau menyatu dengan tebing curam serta hamparan batu karang di pantai selatan.

Diobyek wisata Pantai Keusik Luhur ini para pengunjung tidak dapat (tidak diperbolehkan) untuk berenang di area pantai dikarenakan pantai tersebut dipenuhi batu terjal dan karang-karang yang tajam. Untuk melaut pun warga sekitar tidak bisa dikarenakan alasan tadi.

Namun dari segi keindahannya tidak usah diragukan lagi, dimana perpaduan antara alam pegunungan yang hiaju dengan hamparan pantai berkarang. Tingkat kecuraman tebingnya sekitar 90 derajat. Disinilah salah satu keunikan dan keistimewaan obyek wisata Keusik Luhur. Para pengunjung dapat berfoto ria dan mengabadikan diri dengan background yang sangat indah dan alami.

[alert style=”white”]referensi: wisataairpantaipangandaran.blogspot.com, image: mypangandaran.com[/alert]

Wisata Pantai Karang Tirta

Wisata Pantai Karang Tirta

Objek wisata ini terletak di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih ke arah Batu Hiu belok kiri. Di objek wisata ini pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam juga melakukan rekreasi berupa bersampan, memancing dan berkemah. Fasilitas yang bersedia berupa kedai makanan dan minuman dan pondok wisata.

Tahun ini (2008), rencananya di Pantai Karang Tirta akan dibangun Pintu Gerbang Wisata (Gazebo-4 buah) oleh Pemkab Ciamis melalui Disbudpar.

Pantai Karang Tirta juga memilik sedikit hutan yang disebut Leuweung Nusa, di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman yang sudah lama tumbuh dan ada di sana sejak dahulu.

Pantai Karang Tirta cocok untuk dikembangkan menjadi tempat kegiatan out bond, hal tersebut didukung oleh wisata alam yang ada disekitarnya, seperti : kolam, sungai, muara, delta, sawah, hutan, dan lainya.

Di Pantai Karang Tirta Anda dapat melakukan kegiatan seperti bermain perahu, berenang, kemping, memancing, menjala ikan, mencari taritip (semacam seafood), juga dapat mencoba membuat gula dari kelapa (wisata agro), belajar membuat opak made in Cipari, belajar nari ronggeng, melihat pembuatan wayang golek (wisata Budaya), serta ada makanan khas di daerah ini yaitu Pindang Gunung – sejenis sup lauk (Wisata Kuliner).

[alert style=”white”]referensi: mypangandaran.com, foto: bloggerpangandaran[/alert]

Wisata Pantai Batu Karas

Wisata Pantai Batu Karas

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini. Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran.

Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru menanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar. Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia. Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain: berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar. Jika liburan Anda bersama keluarga, akomodasi telah tersedia untuk Anda, ada pondok wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan rumah ibadah. Pondok wisata ini dikelola langsung oleh Diparda Kabupaten Ciamis. Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain: Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar dan ban renang.

TIKET MASUK OBJEK WISATA BATU KARAS

  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 1.500,-
  • Sepeda Motor Rp. 3.900,-
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 9.200,-
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 17.200,-
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 22.200,-
  • BUS Kecil Rp. 32.700,-
  • BUS Sedang Rp. 49.500,-
  • BUS Besar Rp. 80.500,-

[alert style=”white”]referensi: mypangandaran.com[/alert]

Wisata Pantai Pangandaran

Wisata Pantai Pangandaran

Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis, memiliki berbagai keistimewaan seperti:

  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih
  • Tersedia tim penyelamat wisata pantai
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.

Dengan adanya faktok-faktor penunjang tadi, maka wisatawan yang datang di Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam: berenang, berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, para sailing, jet ski dan lain-lain.

Adapun acara tradisional yang terdapat di sini adalah Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.

Event pariwisata bertaraf internasional yang selalu dilaksanakan di sini adalah Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Fasilitas yang tersedia:

  1. Lapang parkir yang cukup luas,
  2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi,
  3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer,
  4. Gedung bioskop, diskotik
  5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata,
  6. Bumi perkemahan,
  7. Sepeda dan ban renang sewaan,
  8. Parasailing dan jetski.

TIKET MASUK OBJEK WISATA PANGANDARAN

  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 3.000,-
  • Sepeda Motor Rp. 6.100,-
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 14.700,-
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 27.700,-
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 40.700,-
  • BUS Kecil Rp. 53.200,-
  • BUS Sedang Rp. 80.000,-
  • BUS Besar Rp.131.000,-

[alert style=”white”]referensi: mypangandaran.com[/alert]